Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkayang, Jalan Guna Baru, Sebalo, Kec. Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat 79211 (0562) 441826 admin@dinkeskb.bengkayangkab.go.id Sen - Jum ; 08.00 - 16.00
Previous Next

KABUPATEN BENGKAYANG

 

LETAK GEOGRAFI DAN BATAS WILAYAH KABUPATEN BENGKAYANG

 

Letak Geografi dan Tofografi

Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di sebelah utara Propinsi Kalimantan Barat. Secara Geografis Kabupaten Bengkayang dengan Ibukota Bengkayang terletak pada 0°33’00” Lintang Utara sampai 1°30’00” Lintang Utara dan 108°14’00” Bujur Timur sampai 110°10’00” Bujur Timur.

  1. Kondisi alam pertama adalah Pesisir Pantai, yang terdiri dari dua Wilayah Administrasi Kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.
  2. Kondisi alam yang kedua adalah Daratan, Perbukitan dan Pegunungan yang terdiri dari 15 Wilayah Administrasi Kecamatan yaitu Kecamatan Capkala, Kecamatan Samalantan, Kecamatan Lembah Bawang, Kecamatan Monterado, Kecamatan Sungai Betung, Kecamatan Bengkayang, Kecamatan Teriak, Kecamatan Lumar, Kecamatan Ledo, Kecamatan Suti Semarang, Kecamatan Sanggau Ledo, Kecamatan Tujuh Belas, Kecamatan Seluas, Kecamatan Jagoi Babang dan Kecamatan Siding.

Ada tiga Daerah Aliran Sungai (DAS) utama yang melintasi Wilayah Kabupaten Bengkayang yaitu DAS Sambas, DAS Sungai Raya dan DAS Sungai Duri. Dari ketiga DAS tersebut yang paling besar adalah DAS Sambas yang luasnya meliputi 722.500 Ha, DAS Sungai Raya sebesar 50.000 Ha dan DAS Sungai Duri sebesar 24.375 Ha.

 

Batas dan Luas Wilayah

Secara Adminstratif batas-batas Wilayah Kabupaten Bengkayang adalah sebagai berikut :

  • Utara    : Sarawak-Malaysia Timur dan Kabupaten Sambas
  • Selatan : Kabupaten Mempawah
  • Barat    : Laut Natuna dan Kota Singkawang
  • Timur : Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Landak

Secara keseluruhan luas Wilayah Kabupaten Bengkayang adalah sebesar 5.396,3 Km² atau sekitar 3,7 % dari total luas Wilayah Propinsi Kalimantan Barat. Wilayah Perairan Laut Kabupaten Bengkayang memiliki 12 Pulau, dengan pulau  terbesar adalah Pulau Lemukutan.

Sumber: Profil Kesehatan Kabupaten Bengkayang 2019

Alamat : Sebalo, Kec. Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat 79211